Aksi Aliansi Mahasiswa, Eko Suroso: Dalam Pengamanan Lakukan Pola Humanis

0
105
AKBP Eko Suroso, S.I.K, didampingi Kaslan AKP Agussalim cek kesiapan personel. Dok (hms)
AKBP Eko Suroso, S.I.K, didampingi Kaslan AKP Agussalim cek kesiapan personel. Dok (hms)

VOISNEWS.COM, TORAJA UTARA – Aksi unjuk rasa (demo) yang rencana akan digelar oleh beberapa aliansi mahasiswa hari ini, Senin (11/04) kabarnya akan digelar di beberapa daerah, termasuk di Wilayah Hukum Polres Toraja Utara.

Terkait demo tersebut, Polres Toraja Utara (Polres Torut) memastikan seluruh personil polisi yang mengamankan aksi tersebut tidak diperbolehkan membawa senjata api (Senpi).

Menurut Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, S.I.K, hal itu sesuai sengaja dilakukan sebagai upaya untuk menghindari sikap represif dalam menangani aksi demo tersebut.

AKBP Eko Suroso, S.I.K, menyampaikan arahan di hadapan personil. Dok (hms).
AKBP Eko Suroso, S.I.K, menyampaikan arahan di hadapan personil. Dok (hms).

“Ia menegaskan bahwa dalam mengamankan aksi unjuk rasa, personil yang terlibat tidak diperbolehkan membawa senjata api,” kata Eko.

Meski sebagian personil ikut dilibatkan dalam pengamanan aksi demo di Kotamadya Palopo memback up Polres Palopo, personil Kami tetap siap dalam mangamankan aksi yang rencana akan digelar oleh adik-adik Mahasiswa hari ini di Kabupaten Toraja Utara.

Eko juga menuturkan bahwa porsonilnya akan mengedepankan pola pendekatan persuasif kepada massa aksi secara humanis.

Upaya itu dilakukan demi memastikan demo dapat berjalan dengan baik dan tertib tanpa adanya gangguan keamanan.

Ist.
Ist.

Menurut dia, pengamanan unjuk rasa merupakan bagian dari tugas kepolisian dalam melayani, melindungi, serta mengayomi masyarakat, termasuk dalam kegiatan penyampaian aspirasi.

Apalagi, kata dia, kini umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa sehingga upaya menyuarakan aspirasi diharapkan dapat dilakukan secara damai dan sejuk.

“Unjuk rasa jangan sampai mengganggu aktivitas dan ketertiban umum. Selain itu, kita juga mencegah unjuk rasa tersebut dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk tujuan yang lain,” ucapnya. (Arn/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here