Hasil Survei Indeks KPI, Cakalem Yohanis Rantebunga Bakal Unggul Dibanding Rivalnya

0
1212
Komunitas Pemantau Independen (KPI) Sambangi rumah Incumbent (petahana) di Lembang Pitung Penanian, Kecamatan Rantebua, Torut, Minggu (6/6). Nampak Yohanis Rantebunga baju merah (Kiri), Erlin baju hijau (kedua dari kiri), Widian baju hitam (tengah) dan Medi Bunga mengenakan ransel (Kanan). Foto: (Voisnews.com/Erlin)
Komunitas Pemantau Independen (KPI) Sambangi rumah Incumbent (petahana) di Lembang Pitung Penanian, Kecamatan Rantebua, Torut, Minggu (6/6). Nampak Yohanis Rantebunga baju merah (Kiri), Erlin baju hijau (kedua dari kiri), Widian baju hitam (tengah) dan Medi Bunga mengenakan ransel (Kanan). Foto: (Voisnews.com/Erlin)

VOISNEWS.COM, TORAJA UTARA – Tim Komunitas Pemantau Independen (KPI) Torut, Medi Bunga Chaniago mengklaim elektalibilitas incumbent Yohanis Rantebunga di Pemilihan kepala Lembang (Pilkalem) Pitung Penanian, Rantebua, Toraja Utara, masih di atas angin, Minggu 6 Juni 2021.

Pasalnya, berdasarkan hasil survey, pemilih suara terbanyak nantinya masih diraih Incumbent atau petahana Yohanis Rantebunga. Lantaran, masih digandrungi kaum melenial di lima Dusun.

Menurutnya Elektabilitas Incumbent tidak dipertanyakan lagi. Capaian itu diperoleh berdasarkan hasil penelusuran Komunitas Pemantau Independen (KPI) Torut saat kunjungan kedua di lokasi tersebut.

Penulusuran Komunitas Pemantau Independen (KPI), Medi Bunga Chaniago menyampaikan, berdasarkan hasil penulusuran, Cakalem nomor urut 2 Yohanis bakal meraih perolehan suara 75 persen dari rivalnya nomor urut 1 Sepril. Apalagi menurut dia, di Pitung Penanian hanya dua calon (face to face) yang bertarung.

“Hasil penulusuran dan pantauan kami, Yohanis (petahana) memiliki elektabilitas tertinggi dari rivalnya Sepril sang penantang baru. Tim kami mensurvei di Dusun Pa’tambenan, Pa’pannaran, Isson, Busso dan Sendana,” ujar Medi Bunga, Minggu 6 Juli 2021.

Untuk sementara, elektabilitas Yohanis (Incumbent) di Pitung Penanian alias Tondok Tujuh Lagu-lagu ini, jauh lebih unggul dibanding sang penantang baru calon yakni Sepril yang juga masih berprofesi sebagai guru di SDN 9 Buntu Datu, Kecamatan Rantebua.

“Saya melihat dengan kacamata saya, Yohanis jika mampu mempertahankan strategi yang baik dan dibarengi dukungan doa yang kuat. Pastinya, tak ada yang mustahil jika Tuhan berkehendak maka kemenangan ada di pundak dia. Dan bisa tercapai pada pemilihan 24 Juni mendatang,” ujarnya.

Posisi Yohanis lebih unggul dibanding rivalnya lantaran, mayoritas tokoh masyarakat dan kaum milenial masih solid mendukungnya.

Kata dia, sekitar 75 persen warga kemungkinan besar berpihak untuk Yohanis Rantebunga. Karena selama Nahkodai Pitung Penanian sudah banyak perubahan yang sangat dirasakan oleh masyarakat. Apalagi Yohanis begitu piawai menyelesaikan pekerjaan, persoalan dalam segala hal.

” Apanya lagi kita keluhkan, Lagian beliau Arif dan bijaksana serta berjiwa sosial dalam kesehariannya, menurut saya pribadi andaikan ada kekeliruan itu hal lumrah. Tak ada manusia yang sempurna,” unkap Medi Bunga  yang juga Jurnalis suaratoraja.com ini.

Penulis: Andi                                            Editor: Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here